Lakukan 7+ Hal Unik Ini Agar Semangat Ngeblog Tetap Membara

Blogger juga manusia, punya rasa, punya hati, rasa malas, bosan, jenuh, suntuk, semua pernah dirasakannya. Pada fase inilah dimana seorang blogger tidak lagi memperdulikan blognya, mengacuhkan blognya, dan mulai muak dengan ketidakpastian menjadi seorang blogger.

Menulis, riset keyword, optimasi seo, promosi kesana kemari namun tak kunjung membuahkan hasil. Pendapatan tidak karuan, trafik naik turun seakan tidak ada yang menghargai karya tulisnya yang sudah susah payah ia rangkai. Setiap hari melihat trafik blog mengharap ada musafir yang mampir meskipun hanya segelintir.

Bounce rate kian hari makin bengkak, sinyal juga ikut ngeledek, belum lagi mati lampunya yang bikin gemes.

Letih?  jelas!

Adalah wajar jika anda sedang mengalami hal tersebut. Hampir semua blogger mengalami dan merasakannya. Apalagi jika anda seorang personal blogger yang segala sesuatunya harus dilakukan tanpa adanya bantuan dari orang lain.

Anda malas?

Jangan berpikir kalau hanya anda yang malas. Blogger yang sukses pun pasti punya rasa malas. Tapi mereka tahu, kalau cuma bermalas-malasan tidak akan merubah keadaan. Mereka bangkit dan melawan rasa malas itu.

Tidak punya waktu?

Alah.. Itu mah alasan anda saja. Kalau anda benar-benar serius ngeblog, pasti anda akan berusaha sebisa mungkin untuk menyisakan waktu walau hanya satu, dua jam dalam sehari.

Tidak ada hasilnya?

Sudah berapa lama anda ngeblog? Satu bulan? Dua bulan? Tiga bulan?

Hampir tiga tahun semenjak saya mulai ngeblog, dan dalam kurun waktu itu saya tidak mendapatkan uang sepeserpun. Saya seneng-seneng aja, mungkin karena pada saat itu niat saya ngeblog hanya sebatas hobby.

Manfaat ngeblog itu bukan hanya sekedar uang semata. Melatih keterampilan menulis, menjalin silaturahmi melalui guest post maupun sekedar komentar dan masih banyak lagi. Namun kebanyakan blogger masih belum juga sadar akan hal tersebut.

Saya tahu hubungan antara anda dengan blog anda sedang tidak harmonis dan tingkat kejenuhan anda sudah mencapai puncaknya.

Agar jalinan anda tetap sakinah, mawadah warohmah, anda harus mendongkrak kembali gelora ngeblog anda yang sudah mulai kendur supaya tetap menggebu-gebu.

Bagaimana caranya?

Simak dan aplikasikan beberapa tips dibawah ini agar anda tetap semangat dalam mengurus dan mengembangkan blog yang sedang anda garap.

Tips agar tetap semangat ngeblog
Malas Ngeblog

1. Jangan Terlalu Sibuk Membaca Motivasi

Saya tidak melarang anda untuk membaca kisah-kisah inspiratif dari blogger yang sudah lebih dulu sukses. Namun, terlalu banyak membaca motivasi justru akan mengganggu pola pikir anda. Bukan menambah gairah malah anda semakin lelah.

Saya juga mengakui bahwa dengan membaca motivasi kita akan lebih bergairah lagi. Namun, kadang justru setelah membaca motivasi kita ketagihan membaca tanpa dibarengi dengan tindakan nyata. Apa gunanya jika semua itu tidak anda implementasikan?

Akibatnya, terlalu banyak otak anda dijejali dengan kata-kata motivasi, obsesi anda semakin menurun yang pada akhirnya membuat anda semakin loyo dan lunglai. Kalau sudah seperti itu, tindakan anda hanya akan menyita waktu anda saja.

Karena dari pengalaman saya membaca puluhan motivasi, saya justru menjadi pesimis. Saya berpikir "Apakah saya mampu seperti mereka sedangkan saya tidak memiliki kemampuan seperti mereka? latar belakang saya juga terpaut jauh dari mereka."

Jadi, jangan banyak-banyak membaca motivasi, 3-5 kali sehari saja sudah lebih dari cukup jika anda benar-benar menghayati apa yang anda baca. Takutnya overdosis repot nanti. :D

2. Hindari Target Yang Muluk-muluk

Sebelum membuat dan mengembangkan sesuatu, sebagian besar orang akan membuat target atau sasaran untuk masa depan sesuatu tersebut.

Misalnya anda akan membuat blog kesehatan dengan target satu minggu sudah bisa menghasilkan. Saya dan semua blogger pasti setuju bahwa penargetan tersebut terlalu berlebihan dan sangat mustahil dicapai kecuali anda berani menggelontorkan dana yang besar.

Alih-alih targetnya tercapai, yang ada malah membuat anda tertekan. Sebab, hal tersebut 99% diluar kemampuan seorang blogger meskipun anda blogger expert sekalipun.

Maka dari itu buatlah target yang realistis dan sekiranya anda mampu melakukannya.

3. Melihat Kemajuan Blog Kompetitor

Mencari motivasi tidak harus membaca artikel motivasi. Dengan hanya melihat statistik blog milik saingan pun kita sudah bisa mendapatkan mood booster dalam waktu kurang dari lima menit.

Dengan mengintip perkembangan blog saingan, anda akan mendapatkan gesekan dan tantangan yang mampu mengembalikan hasrat ngeblog anda apalagi jika blog kompetitor mengalami peningkatan yang signifikan.

Atau mungkin anda bisa membuat tantangan kepada blogger lain. Misalnya, dengan membuat artikel dengan topik yang sama, lalu siapa yang artikelnya berada diurutan paling depan di search engine, maka dialah pemenangnya. Kalau ada yang nantang, jadi semangat dong ngeblognya.

"Ah, saya juga bisa kalau seperti itu mah."

"Saya akan buktikan bahwa saya akan melebihi pencapaian mereka."

"Saya juga mampu mendapatkan trafik lebih banyak daripada mereka."


4. Renovasi Tampilan Blog Anda

Seperti halnya ruangan, tampilan blog juga bisa membuat kita bosan. Dekorasi yang usang sudah tidak enak lagi dipandang. Ibarat dinding rumah, ini sudah ambrol.

Bisa anda lakukan dengan mengganti template atau merubah sendiri. Namun, jangan terlalu sering mendekor ulang tampilan blog anda apalagi mengganti templatenya. Karena akan berimbas buruk terhadap blog anda.

Tergantung pandangan adna juga. jika hal ini anda rasa tidak perlu dilakukan karena anda ingin tetap menjaga konsistensi anda, rombaklah sedikit saja entah itu warnanya, widgetnya kalau memang anda sudah bosan.

5. Flashback

Apasih tujuan awal anda ngeblog?

Jika alasan anda ngeblog didasari karena keinginan untuk mendapatkan uang dengan cepat, saya yakin jika dalam waktu beberapa bulan bahkan mungkin beberapa munggu saja blog anda tidak seperti yang anda harapkan alias tidak menghasilkan apa-apa, maka anda akan dibuat pusing tujuh keliling dan memilih untuk banting steer di tengah jalan.

Tidak ada yang salah jika tujuan anda ngeblog untuk menghasilkan uang. Toh banyak juga blogger yang seperti itu. Yang penting tidak terlalu berambisi, it's oke. Karena jika ambisi anda terlalu besar, kalau anda gagal, rasa sakitnya juga sangat dalam. Kecewa dan akhirnya frustasi bunuh diri. Glekk :D

Coba ingat kembali tujuan dan alasan anda saat pertama kali membuat blog?

Uang yang banyak?

Trafik yang tinggi?

Terkenal mungkin?

Kemudian anda pikirkan dan ratapi "Sudah susah-susah membangun blog sampai seperti ini, masa iya hanya karena malas akhirnya blog saya terbengkalai? Sudah setengah jalan saya berhenti?"

6. Baca Kembali Komentar Orang Di Blog Anda

Salah satu hal yang membuat blogger tetap semangat menulis artikel di blognya adalah komentar yang dilontarkan pengunjung pada artikelnya.

Waktu pertama kali saya ngeblog dan mulai mebuat postingan, kebetulan ada yang memberikan respon pada postingan saya. Anda tahu rasanya seperti apa? Seneng bukan main saya, tulisan saya ada yang membacanya dan ada juga yang sempat untuk menuliskan komentar.

Itulah mengapa blogwalking menjadi tradisi di kalangan blogger. Ironisnya, ada saja yang menggunakan fasilitas tersebut untuk melakukan tindakan spam.

7. Jalan-Jalan

Ibarat system operasi yang sudah ber jam-jam digunakan, ia akan terasa lambat dan menyebalkan. Hal ini juga berlaku bagi blogger. Akibat terlalu lama duduk di depan komputer, rasa jenuh pun datang menggerogoti jiwanya.

Solusinya? Jalan-jalan! Refreshing!

Dengan melakukan hal ini pikiran anda akan fresh kembali dan bukan tidak mungkin kalau anda akan menemukan ide-ide baru untuk membuat postingan di blog anda.

Mungkin ke pantai, gunung atau mungkin ke mall? Yang penting jangan ke panti pijet. Ribet lagi urusannya. :D

8. Berkhayal

Bosan dan malas memang tidak ada habisnya. Ketika anda bosan dengan aktifitas ngeblog anda, cobalah untuk merebahkan tubuh anda yang letih itu sejenak kemudian pejamkan mata dan bayangkanlah kalau anda sekarang sudah menjadi blogger sukses dengan penghasilan ribuan dollar perbulannya.

Lalu anda tertawa cekikak cekikik menghayal akan memiliki semua hal yang anda inginkan. Kemudian anda bangun, memikirkan kembali apa yang telah anda bayangkan tadi. Apakah semua itu berubah menjadi nyata? Jelas tidak bukan?

Sekarang anda sadar bahwa kalau anda hanya menghayal, itu tidak akan membuahkan apa-apa, tidak akan terjadi apa-apa. Setelah sadar dari lamunan anda, mulailah kembali membangun semangat anda yang telah rapuh.

Sekilas memang tidak ada hubungannya dengan semangat ngeblog. Namun secara tidak langsung hal ini akan membangkitkan kembali semangat ngeblog yang tadinya sudah terkikis.

Berkhayal-lah selagi berkhayal masih gratis!.

Let's do it!.


Setelah membaca tips konyol diatas, apakah semangat anda sudah kembali membabi buta? atau justru semakin frustasi?

Semoga saja keadaan anda semakin membaik dan bisa melanjutkan tips gila selanjutnya.

Sekarang, apa yang harus saya lakukan?

Mulai menulis lagi 

Ya iyalah menulis. Ngeblog itu ngapain sih kalau tidak menulis?

Bingung mau nulis apa?

Tulis Kebingungan Anda !

Maksudnya, tulis apa yang sedang anda rasakan saat ini. Biarkan tulisan anda mengalir sendiri.

Misalnya, saya sedang pusing karena banyak hutang, dikejar rentenir lalu ngumpet di kolong meja. Tulis cerita gokil anda itu!.

Bahkan artikel tentang cerita itu bisa lebih banyak menyedot perhatian orang untuk berkomentar. Sebab, mereka yang memberi komentar biasanya juga pernah mengalami hal yang sama kemudian sharing pada komentar.


Cukup sudah tips agar semangat ngeblog tetap membara. Saya harap anda menemukan apa yang anda cari. Happy blogging.

Semoga bermanfaat!.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Lakukan 7+ Hal Unik Ini Agar Semangat Ngeblog Tetap Membara"

  1. Ya memang benar gan,,saya pun juga merasakan hal diatas,,sudah hampir satu tahun ngeblog gag menghasilkan apa2,hehe,,visitor pun gag ada,,rasanya frustasi klo gak di sertai dengan hoby,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, kalau memang hobby nggak dibayar juga tetep seneng.

      Delete
  2. share yang manteb jiwa gan,
    memang bener klo memang ngeblog niat cari duit dan tidak disertai hoby klo dalam waktu lama gk ada kemajuan yang ada frustasi,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang realitanya seperti itu. Tidak dalam dunia blogging saja, tapi semua hal yang dikerjakan tanpa adanya antusiasme akan terasa berat. haha

      Delete
  3. hahaha jalan jalan nih bener banget buat nambah inspirasi bahan
    tulisan

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/7-kota-dalam-9-hari-di-jepang.html

    ReplyDelete

Ceklist Notify Me untuk mendapatkan pemberitahuan saat komentar anda dibalas.
Komentar berisi link tidak akan ditampilkan.