2017/04/03
2017/04/03T4/03/2017

4 Tips Memilih Niche Yang Bagus Untuk Blog Anda

Mencari dan Menentukan Niche Blog Yang Tepat -  Niche merupakan image pada blog anda, ketika anda memilih niche otomotif, maka isi pembahasan blog anda harus termasuk hal yang berkaitan dengan otomotif, misalkan panduan merawat mobil agar lebih nyaman dikendarai, tips memilih motor untuk balapan dan sebagainya.

Hal ini sering sekali disepelekan oleh mereka yang baru memulai mengembangkan blog. Mereka pikir topik yang mereka pilih sama sekali tidak ada pengaruhnya pada blog mereka, yang penting banyak postingan, trafik akan bertambah dengan sendiri.

Siapa bilang seperti itu?

Percaya ngga percaya, pemilihan niche pada sebuah blog sangat berpengaruh bukan hanya pada harga per klik iklan adsense saja. Akan tetapi, blog yang memiliki niche sedikit, artinya bukan blog gado-gado yang artikelnya ditulis suka-suka, berpotensi memiliki pengunjung yang loyal yaitu pengunjung yang senantiasa mengunjungi blog anda tanpa ada paksaan sama sekali.

Karena, topik yang mereka sukai terdapat pada blog anda. Biasanya mereka akan mensubscribe (berlangganan) pada blog anda. Dan akan terus mengunjungi blog anda jika ada waktu.

Sebagai contoh, anda memiliki dua blog. Blog yang pertama fokus pada niche tertentu, misalnya otomotif. Sedangkan blog yang kedua, anda mengisinya dengan artikel campur aduk, ada berita bola, kesehatan, teknologi dan lain-lain.

Kira-kira, blog mana yang akan mendapatkan pengunjung tetap? Pasti blog yang pertama bukan?
Alasannya sederhana, Peminat otomotif itu sangat banyak, mereka yang menyukai topik ini akan sangat senang jika berkunjung ke sebuah blog yang isinya hanya membahas hal yang terkait dengan otomotif.

Mereka pun tidak sungkan membagikan konten anda di media sosial mereka dan merekomendasikan kepada teman-temannya. Hal ini dapat menumbuhkan trafik yang signifikan daripada blog yang berisi berbagai macam topik.


Kita mulai ke pembahasan.

Pahami Jenis-Jenis Niche Blog

Seperti yang saya sebutkan diatas, niche adalah image yang mewakili topik apa yang dibahas didalamnya yang menjadikannya lebih spesifik. Dalam kasus ini adalah niche blog, jadi niche blog anda akan menggambarkan isi konten pada blog anda.

Niche memliki empat jenis
  1. Whole Niche, yaitu niche yang mencakup semua yang berkaitan dengan topik tersebut
  2. Broad Niche, yaitu niche yang membahas sebagian besar suatu topik
  3. Themed Niche, adalah niche yang meliput pembahasan tertentu saja
  4. Micro Niche, merupakan niche yang membahas secara rinci suatu topik

Pada umumnya, niche yang diterapkan dalam sebuah blog ada dua macam
  1. Niche yang fokus pada satu pembahasan
  2. Banyak niche yang dibahas
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

-Blog yang memiliki Niche yang fokus pada satu pembahasan akan lebih disukai audience seperti contoh yang saya berikan diatas, blog seperti ini akan lebih mudah mendapatkan loyalitas pembaca. kemudian kontennya juga akan lebih terorganisir sehingga pembaca akan lebih mudah mencari apa yang mereka inginkan.

Sedangkan kekurangannya terletak pada pembuatan kontennya yang susah dan menyita banyak waktu karena pembahasannya yang sempit sehingga akan terasa berat dan cepat bosan membuatnya. Anda pun akan merasa malas untuk melanjutkan pengembangan blog. Apalagi jika kita tidak memiliki pengetahuan tentang topik tersebut.

-Blog yang memiliki banyak niche bertolak belakang dengan yang diatas. Pembuatan kontennya relatif mudah karena pilihannya sangat beragam. Niche yang satu ini harus dibarengi dengan selalu update artikel sesering mungkin. Karena, biasanya topik yang dibahas pada blog gado-gado cenderung lebih mudah basi alias tidak bisa bertahan lama.

Misalnya, anda membuat artikel tentang "Jadwal Konser Superman is dead Bulan Maret 2017". Apakah artikel anda akan dikunjungi sampai bulan april mendatang? Tentu saja tidak bukan? Artikel seperti inilah yang disebut artikel yang mudah basi.

Berbeda dengan artikel abadi yang masih bisa dibaca sampai tahun berapapun. Seperti artikel tutorial, panduan dan tips-tips. Artikel seperti itu akan tetap bermanfaat dalam jangka yang panjang walaupun ditulis bertahun-tahun silam.

Blog yang banyak niche nya akan susah untuk bersaing dengan kompetitornya. Kecuali, anda memiliki dana yang banyak untuk mempromosikan konten anda melalui program PPC ataupun media sosial yang berbayar supaya lebih intensif.

Walaupun pada kenyataannya blog seperti ini bisa saja berkembang pesat. Namun, akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena, pengunjung hanya akan membaca postingan yang mereka suka saja dan peluang untuk membaca artikel yang lainnya juga sempit. Sehingga pageview nya akan sedikit.

Tips Memilih Niche Yang Bagus Untuk Blog Baru Anda

Tips Menentukan Niche Blog Yang Tepat

Setelah mengetahui jenis serta kelebihan dan kekurangan niche blog, tahap selanjutnya adalah menentukan niche yang bagus untuk blog anda. Pemilihan niche yang tepat akan menentukan nasib blog anda nantinya. Maka dari itu, pilihlah niche yang tepat.

Lalu bagaimana supaya saya tidak salah memilih niche untuk blog saya?

Sebelum anda menentukan pilihan, Sebagai langkah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pemilihan niche yang dapat berakibat fatal, berikut ini adalah tips yang harus diimplementasikan untuk mengetahui niche apa yang cocok untuk blog anda.

1. Pilihlah Niche Sesuai Kemampuan Anda

Blog adalah tentang menulis. Menulis akan terasa menyenangkan apabila anda menyukai apa yang anda tulis. Bisa berupa hobi anda, minat anda, atau mungkin tentang apa yang ingin anda capai dimasa depan.

Setiap manusia sejatinya sudah dibekali keahlian yang terpendam dalam diri mereka. Tapi faktanya, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan apapun.

Ah saya itu bisa apa? saya nggak punya bakat apapun. Aku mah apa atuh?

Orang yang seperti ini nih yang susah dibikin sendiri. Padahal, sebenarnya mereka bisa, hanya saja malas untuk mencoba.

Kalau masih bingung juga, coba langkah ini untuk mengetahui bakat terpendam anda.

Saya dapatkan tips sederhana ini dari Hipwee dan PanduanIM.  Disitu juga saya menemukan fakta menarik yaitu manusia rata-rata memiliki 500-800 keahlian. Dan cara ini bisa dibilang cukup efektif.

Pertama, ambil selembar kertas beserta alat tulisnya. Kemudian tulis 20 kemampuan yang anda bisa.
Tulis juga kemampuan sekecil apapun itu, misalnya memasak, tulis!.

Untuk memudahkan prosesnya, anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini


  1. Aktivitas apa yang paling banyak menyita waktu anda?
  2. Hal apa yang anda suka, namun banyak yang menentangnya?
  3. Bantuan apa yang sering teman anda minta kepada anda?
  4. Kemampuan apa yang ingin orang lain pelajari dari anda?
  5. Keahlian apa yang sering membuat orang kagum tentang anda?
  6. Ketika bekerjasama dengan orang lain, biasanya tugas apa yang anda kerjakan?
  7. Pengalaman apa yang paling anda banggakan?
  8. Apa yang anda lakukan ketika jenuh, bosan?
  9. Pencapaian apa yang pernah anda raih?
  10. Ketika melihat kemampuan orang lain, adakah yang membuat anda berpikir "ah saya juga bisa"?

Misalkan jawabannya seperti ini
  • Bermain bola
  • Menonton bola malem-malem
  • Mengangkat beban berat
  • Skill dribling bola
  • Berlari cepat
  • Menjadi moderator
  • Pernah ikut liga indonesia misalkan
  • Kumpul sama temen
  • Juara satu lomba lari
  • Membuat blog

Setelah anda menemukan 20 kemampuan anda, kemudian buatlah demand matrix seperti gambar ini
Tips Memilih Niche Yang Bagus Untuk Blog Baru Anda
Demmand Matrix
Masukkan ke-20 jawaban anda kedalam matrix tersebut. Contoh, "Bermain bola". Bermain bola atau sepak bola banyak yang meminatinya dan harganya juga tinggi.

Untuk mengetahui estimasi nilai harganya, anda bisa mengaitkan dengan hal seputar sepak bola. Misalkan jersey sepak bola harganya lumayan mahal. Maka tempatkan "Bermain bola" dibagian kanan atas.

Selanjutnya bisa menyesuaikan seperti contoh diatas. Jika sudah disisipkan seluruhnya, maka hasilnya kurang lebih akan seperti ini.
Tips Memilih Niche Yang Bagus Untuk Blog Baru Anda
Demmand Matrix 2
Semakin tinggi dan semakin ke kanan, berarti kemampuan yang anda miliki banyak peminatnya dan harganya cukup tinggi. Yang menempati posisi terkanan dan tertinggilah pilihan yang paling cocok untuk anda.

Selain dengan cara sederhana diatas, anda juga bisa menanyakan tentang kemampuan anda kepada orang lain. Anda bisa bertanya kepada ibu anda, karena dia lah yang tahu persis seperti apa dan bagaimana karakter dan kemampuan anda.


Jika anda tetap bersikeras untuk memillih niche yang tidak anda pahami, Yang terjadi, anda akan mendapatkan banyak kesulitan dalam prosesnya. Anda akan cepat merasa bosan dan aktivitas ngeblog akan terasa seperti pekerjaan yang berat.

Kesalahan pada tahap inilah yang seringkali membuat banyak blogger memutuskan untuk berhenti ngeblog. Dan pada akhirnya, blog yang semula sudah didambakan untuk menjadi besar, akan mati terbengkalai.

Kenapa bisa begitu?

Karena mereka hanya fokus pada uang, uang dan uang. Mereka tidak memikirkan konskuensinya.
Makanya banyak blogger yang sudah sukses menyarankan untuk pemula agar memilih niche sesuai dengan keahliannya.

Tujuannya apa?

Tak lain supaya ngeblog nya menjadi semangat tanpa ada beban yang berat.
Dibawa santai saja dan jangan terlalu berambisi untuk segera menghasilkan uang dari blog anda. Ingat, Tidak ada blogger yang sukses dalam waktu singkat.

Lihat saja Mas Sugeng, dia bisa menjadi sukses seperti sekarang karena dulunya dia sudah mau berusaha dan sabar serta konsisten selama enam tahun ngeblog.

2. Pilih Niche Yang Banyak Dicari

Dengan memilih niche yang banyak diari, eh dicari maksudnya, blog anda berpeluang besar ramai pengunjung. Semakin banyak pengunjung, penghasilan blog akan  meningkat.

Niche yang banyak dicari = Banyak pengunjung = Banyak hasil ($$$$$$...)

Niche yang memiliki volume pencarian tinggi diantaranya ada

a. Niche berita
Sekarang zamannya internet. Hampir semuanya ada diinternet. Tak terkecuali membaca berita. bahkan sekarang peminat televisi dan koran mengalami penurunan drastis seperti dilansir nybooks.com "Tv vs Internet Who Will Win?" Pendapatan dari mereka pun ikut turun tajam dari tahun 2006-2012 jatuh dari $49,3 miliar menjadi $22,3 miliar dollar.

Tinggal bagaimana anda memanfaatkan keadaan ini dengan baik. Namun yang harus anda ingat, Niche seperti ini sudah dikuasai situs berita raksasa seperti Kompas, Tribunnews, dll.

Seperti yang saya sebutkan diatas, Niche berita harus dibarengi dengan rajin membuat artikel. Ta cukup disitu, anda juga harus mempromosikannya dengan tepat.

b. Niche Yang Menyangkut Komunitas/Organisasi

Komunitas itu sangat banyak, ada satu komunitas yang anggotanya sampai ribuan, ada juga yang sedikit. Tergantung dari besar kecilnya komunitas tersebut.

Penggemar artis, band, klub olahraga juga memiliki komunitas. Saya ambil contoh "Komunitas Anak Racing Indonesia". Orang-orang yang ada didalam komunitas tersebut pasti mereka menyukai racing. Tidak mungkin orang yang menyukai wayang akan bergabung didalamnya.

Dari situ kita bisa membuat blog dengan niche racing/ motor. Kita juga bisa membuat forum diskusi didalamnya.

Buatlah blog yang isinya berkaitan erat dengan motor. Kemudian promosikan dengan benar kepada pecinta motor. Lambat laun blog anda akan dikenal dikalangan anak motor dan memiliki pengunjung yang loyal.

Dan masih banyak lagi sebenarnya. Anda juga bisa mengikuti topik yang sedang ngetop dengan menggunakan Google Trends. Disitu terdapat topik yang sedang hangat diperbincangkan dan banyak dicari di internet.
Tips Memilih Niche Yang Bagus Untuk Blog Baru Anda
Google Trends
Anda juga bisa menentukan topik yang sedang ngetrend di negara-negara tertentu dan diwaktu tertentu juga.

3. Pilih Niche Yang Menggairahkan

Maksud menggairahkan disini bukan berarti niche yang mengarah kepada hal-hal yang berbau dewasa. Dalam artian anda antusias dengan topik tersebut. Antusias bagi anda dan antusias untuk audience.

  • Menggairahkan Anda
Kadang-kadang, ada orang yang memiliki keahlian dibidang tertentu namun dia tidak terlalu tertarik dengan keahliannya itu walaupun sebenarnya dia menguasai bidang tersebut.

Makanya antara keahlian dan ketertarikan harus berjalan beriringan. Saling melengkapi.

Jika anda sedang mengembangkan sebuah usaha, mungkin anda bisa memilih niche yang sesuai dengan bisnis yang anda kelola.

Jangan anggap remeh kekuatan internet. Internet itu lahan usaha yang semakin hari semakin lebar cakupannya. Dengan mengembangkan usaha anda melalui internet, jangkauan target pasar anda akan jauh lebih luas. Karena pengguna internet itu tersbar diseluruh penjuru dunia. Sedangkan kalau hanya mengandalkan promosi offline, sekarang sudah tidak terlalu efektif.

Saya pernah ditanya sama tetangga saya.

Ceritanya si tetangga sedang mencari jasa pembuatan etalase untuk warungnya. Dia minta bantuan saya untuk mencarikan jasa tersebut yang bagus dan harganya bersaing dengan jasa yang lain.

Saya bilang sama dia "Cari saja di google (Internet) pasti ada. Dia bilang lagi "Ah masa sih?" Saya jawab lagi "Serius".

Setelah itu, saya bantu mencari dan akhirnya ketemu juga walaupun tempatnya agak jauhan. Si tetangga pun ketawa-ketawa nggak jelas. "Gila, hebat banget yah google sampai-sampai jasa pembuatan etalase pun ada".

Itulah hebatnya internet. Jangkauannya sangat luas sehingga usaha anda akan diketahui lebih banyak orang, bukan hanya di daerah anda saja.

  • Menggairahkan Orang lain
Artinya banyak orang yang juga tertarik dibidang tersebut. Bukan cuma anda.

Misalnya, anda mempunyai bakat "Memasak mie instant". Wah ini mah hampir semua orang juga bisa. Makanya hal tersebut sedikit yang tertarik.

- Anda pasti tahu, Setiap hari ada beribu konten yang dipublish dengan tema yang mungkin sama dengan yang anda buat. Untuk bisa bersaing dengan mereka, buatlah perbedaan yang lain dari pada yang lain.
Niche Dengan Tingkat Persaingan Yang Rendah
Buat sesuatu yang unik dan lebih menggairahkan. yang berbeda itu banyak yang suka.
الخلف فضل من الله "Perbedaan adalah anugerah dari Alloh"
Lihat saja Alex Tew si raja pixel. Ia hanya membuat website yang hanya berkonsep halaman situs yang memuat informasi iklan, nyatanya web ini mampu menjadi fenomana dan membawa Alex Tew menjadi sukses. Website itu adalah milliondollarhomepage.com. Baca kisah lengkapnya disini.

4. Hindari Niche Download (Khusus Adsense)

Bagi yang memonetisasi blognya dengan google adsense, ada baiknya untuk menjauhi niche ini. Alasannya karena blog download lebih rentan terhadap pelanggaran hak cipta dan dapat mengakibatkan terbannednya akun adsense anda.

Karena pada dasarnya, mendownload seperti musik, video dan gambar di internet itu dilarang karena merugikan pihak lain. Baca Hukum Mendownload Mp3 Di Internet.

Mungkin anda tertarik : Niche Blog Terbaik Untuk Blog Adsense Indonesia.


Tambahan

Untuk membuat blog dengan niche yang anda inginkan namun anda tidak memiliki keahian di bidang tersebut, anda bisa membeli artikel atau menyewa orang untuk menulis di blog anda.

Sebelum membeli atau menyewa jasa tersebut, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan

  1. Orang tersebut harus ahli dibidang yang anda pilih
  2.                  "             memiliki kemampuan menulis yang baik
  3.          "            Bisa dipercaya
  4.          "            Memiliki reputasi yang baik. Anda bisa meminta testimoni dari orang-orang yang sudah pernah bekerjasama dengan dia.
Kalau anda menulis sendiri, anda bisa menulis berapa artikel mengenai niche yang sama sekali tidak anda pahami?
Dan bisakah artikel tersebut dipahami pembacanya?  Wallohu a'lam.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pemilihan niche yang baik, mengacu pada beberapa hal

  1. Memilih niche sesuai keahlian
  2. Memilih nihe yang banyak peminatnya
  3. Memilih niche yang anda dan orang lain antusias
  4. Menghindari niche berhak cipta (Khusus blog adsense)
Sampai tahap ini saya yakin anda sudah ada gambaran tentang niche yang akan anda terapkan paada blog anda.

Berikut beberapa niche yang sudah familiar dipakai oleh banyak blogger

1. Tutorial
  • Blogging
  • Hijab
  • Memasak/ resep masakan
  • dll.
2. Teknologi
  • Komputer
  • Smartphone
  • Internet
  • Gadget
  • Elektronik
  • Game dan Hiburan
  • dll.
3. Traveling
  • Destinasi Wisata
  • Tiket Pesawat
  • Rekomendasi Hotel
  • dll.
4. Otomotif
  • Mobil
  • Motor
  • Sparepart
  • Perawatan
  • dll.
5. Kesehatan
  • Diet dan Fitnes
  • Pengobatan Herbal
  • Konsultasi
  • dll.
6. Olahraga
  • Sepak Bola
  • Basket
  • Badminton
  • dll.

7. Bisnis dan Properti
  • Peluang usaha online/ offline
  • Trading
  • MLM
  • Agrobisnis
  • dll.

Saya harap setelah anda membaca "tips menentukan niche blog yang bagus" ini, anda dapat mengevaluasi niche apa yang akan anda pilih nantinya. Jangan salah pilih.

Semoga bermanfaat!.