2017/03/26
2017/03/26T3/26/2017

9 Alasan Kenapa Blog Kamu Ditolak Adsense

9 Alasan Kenapa Blog Kamu Ditolak Adsense - Siapasih yang tidak mau permohonan adsensenya bisa diterima dengan mudah? Banyankya peminat adsense membuat persaingan untuk mendaftar adsense semakin sulit saja. Bukannya google tidak mau pengguna adsensenya semakin banyak, namun para calon publishernya masih belum memenuhi kriteria untuk menjadi publisher adsense.

  Menjadi publisher adsense adalah hal yang gampang-gampang susah. Keberuntungan juga menjadi salah satu faktor sukses menjadi penayang iklan google.

  Jika anda sudah pernah mengajukan pendaftaran google adsense namun ditolak, lantas apa yang harus saya lakukan?

  Kata pepatah "Banyak jalan menuju roma", memang benar. segala masalah pasti ada jalan keluarnya. Dalam kasus penolakan adsense, setiap adsense menolak pengajuan sebuah situs, mereka mengirimkan pesan melalui email yang berisi alasan-alasan mengapa blog anda ridak disetujui beserta kiat-kiat untuk memperbaikinya.

alasan kenapa blog ditolak adsense
Alasan Blog Ditolak Adsense


  Pada dasarnya, jika anda mengikuti semua intruksi yang terdapat pada email tersebut, potensi blog anda disetujui adsense akan semakin besar dan besar kemungkinan blog anda akan lebih mudah untuk diapprove. Namun masih banyak yang menyepelekkan hal tersebut dan menganggap pesan tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali.

  jika anda berfikiran seperti, anda itu salah besar!. Justru dari email penolakan tersebutlah pintu untuk bisa berpartisipasi dengan adsense akan terbuka lebar. Semua kesalahan yang perlu anda perbaiki sudah tertera pada email tersebut.

  Dan yang paling sering terjadi adalah para calon publisher adsense enggan untuk membaca kebijakan program adsense yang padahal disitu sudah terpampang jelas segala syarat dan ketentuannya.

  Tanpa disadari juga, kadang sebelum mendaftar adsense kita tidak memperhatikan kesalahan-kesalahan pada blog kita yang justru memegang peran vital dalam proses pengajuan adsense namun terlihat sepele. Dan google akan menjadikan kesalahan-kesalahan tersebut menjadi alasan empuk untuk menolak permohonan anda.

  Alasan-alasan tersebut sudah saya rangkum dalam 9 Alasan Kenapa Blog Kamu Ditolak Adsense dibawah ini.

#Isi Konten Tidak Sesuai Kebijakan Adsense

  Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah konten. Apakah sudah sesuai dengan yang google inginkan? atau masih dibawah standar?

  Karena sebagian besar penolakan adsense adalah konten tidak memadai, untuk itu anda harusnya memprioritaskan konten pada blog anda jika memang ingin diterima adsense.

  Konten yang tidak sesuai tersebut banyak rupanya. Seperti

  1. Konten Vulgar (Pornografi)
  2. Peretasan dan Pengoprekan
  3. Kekerasan
  4. Dan masih banyak lagi. Anda bisa membacanya pada kebijakan konten adsense.


  Belum berhenti sampai disitu, Selain bukan konten yang terlarang, google sangat merekomendasikan keunikan dan kreatifitas sebuah konten. Artinya, konten yang anda buat bukan konten yang sudah mainstream alias berbeda dengan yang lain yang belum pernah diulas sebelumnya.

  Buatlah konten yang berkualitas. Berkualitas tidak harus panjang, yang penting bermanfaat, penulisan yang baik itu juga sudah cukup. Karena konten-konten seperti itulah yang sangat disukai google. Jika sudah disukai google, potensi diterimanya permohonan adsense akan semakin besar.

Meskipun google sendiri tidak pernah membeberkan kepastian untuk bisa berpartisipasi dengannya, Namun kita bisa mendapatkan kisi-kisinya dari pada pengalaman yang telah dilalui para blogger yang sudah lebih dulu sukses merintis karirnya dengan adsense.

#Terlalu banyak Gambar/Flash/Video

  Pada penilakan adsense mengenai konten yang tidak memadai, biasanya terdapat juga alasan karena terlalu banyak gambar, video dan animasi flash.
Google : "Pastikan laman anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video atau animasi flash tidak akan disetujui"
  Untuk menghindari hal tersebut, pastikan blog anda berisi artikel yang mengandung banyak kata. Satu artikel cukup satu atau dua gambar saja. Jika ingin menyisipkan video, sisipkan satu video saja. Kecuali, foto atau video tersebut sangatlah penting sehingga tetap harus disisipkan.

#Sudah Pernah Dibanned Adsense Sebelumnya

  Perlu diingat, sebelum anda melakukan pendaftaran anda harus memastikan bahwa email, blog, serta data pribadi yang akan anda ajukan bukan termasuk dalam blacklist google. Artinya, anda belum pernah terbanned sebelumnya.

  Google adalah perusahaan besar, mereka sangat profesional dalam hal ini. Jika data yang anda masukkan adalah data yang pernah dibanned, maka jangan harap untuk bisa diterima. Perlu diketahui juga, bahwa google hanya memperbolehkan satu orang untuk satu akun adsense. walaupun banyak para blogger yang memiliki banyak akun adsense dengan memanipulasi dengan data orang tua atau teman mereka, anda harus tetap hati-hati. Mereka bisa saja mem-PHK anda tanpa biaya pesangon sedikitpun walaupun pada akun anda terdapat ribuan dollar sekalipun.

#Tampilan Yang Acak-acakan

  Tampilan juga akan diperhitungkan oleh tim google saat blog anda direview. Maka dari itu, gunakanlah tmplate yang simple-simple saja dan pastikan tidak ada jaringan iklan lain yang terpasang di blog anda apalagi iklan berjenis pop-up. Itu sangat tidak disukai google karena sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Bukan hanya google, pengunjung blog anda pun akan merasa muak dengan iklan0iklan seperti itu.  Bukannya saya menjelek-jelekkan, namun faktanya memang seperti itu.

  Selain hal diatas, buatlah menu navigasi yang jelas seperti widget label, artikel populer dan archive blog. Dominasi warna juga jangan disepelekan. Pastikan template anda sudah jadi sepenuhnya dan jangan pernah mengedit template saat masa review.

#Menggunakan Eksternal Link Yang Berlebih

  Eksternal link adalah link pada sebuah situs yang mengarah keluar pada situs lain. Semakin banyak link yang kita pasang bisa jadi akan membawa kebaikan. Contohnya, anda memasang link eksternal pada postingan anda yang mana link tersebut mengarah ke blog saya. Wah.. saya seneng dong bisa mendapatkan backlink yang baik. Dan dari situ tidak menutup kemungkinan kalau saya akan membalas kebaikan anda dengan melakukan hal yang sama. Itu contoh yang baik.

  Namun, kebanyakan link eksternal juga bisa menjadi malapetaka buat anda. Bisa saja link yang anda pasang apabila diakses akan menuju ke sebuah situs yang melanggar kebijakan adsense. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terbannednya adsesne walaupun potensinya sedikit.

#Konten Hasil Dari Copy Paste

  Wah.. ini nih yang paling saya benci. Beberapa hari yang lalu, saya temukan sebuah blog yang didalamnya terselip laman hasil copas dari blog saya. Dengan segera saya hubungi pemiliknya dan mengancam akan melaporkan blognya ke dmca apabila tidak dihapus. Selang satu hari, laman tersebut sudah dihapus sama pemiliknya. haha

  Copas artikel memang sangat menyenangkan, tanpa pusing, lelah dan banyak pikiran sudah bisa menghasilkan artikel yang bagus tanpa memperhatikan orang yang telah bersusah payah menulisnya. Bagi para pencuri artikel, sadar dan bertaubatlah segera karena hal tersebut bukanlah hal yang baik.

  Karena itu, google juga tidak menyukai akan konten yang tercipta dari hasil copy paste dan tidak akan menerima blog tersebut untuk menjadi publishernya kecuali keberuntungan sedang menyertainya.

#Menggunakan Gambar/Video Yang Berhak Cipta

  Ajaran sesat yang masih turun temurun dari zaman bahela dikalangan blogger adalah mengambil gambar untuk keperluan membuat artikel dari google dengan sembarangan. Bukan hanya gambar, videopun ikut menjadi buronan. Padahal, sebuah video atau gambarpun memiliki lisensi atau hak cipta yang tidak boleh digunakan tanpa memperoleh izin.

  Gambar juga bisa dijual dengan harga yang cukup fantastis. Apalagi jika yang membeli adalah perusahaan besar untuk keperluan produknya. Bahkan tahun lalu, sebuah gambar kentang terjual dengan harga 14 Miliar, Fantastis bukan? Jika anda tertarik, anda bisa menjual foto ke situs tempat untuk menjual foto secara online.

Makanya, jangan pernah meremehkan suatu hal kecil walaupun terlihat sepele.

Lalu, bagaimana saya bisa mendapatkan gambar secara legal?

  Solusinya, selain dengan membuat atau memotret gambar sendiri, anda bisa mendapatkan gambar secara legal pada situs-situs ini:

  1. Pixabay
  2. Flickr
  3. Free Photos Bank


#Loading Blog Leletnya Minta Ampun

  Lamanya loading blog juga berpengaruh. Pasalnya, untuk bisa menghasilkan penghasilan maksimal dari adsense adalah dengan memperbanyak visitor. Apa hubungannya? Menurut beberapa riset, jika dalam beberapa detik sebuah halaman situs tidak terbuka, sebagian besar pengunjung akan memilih untuk mencari artikel di tempat lain. Masuk akal jika blognya sepi.

  Kalau sudah tahu seperti itu, jangan memasang widget yang aneh-aneh yang hanya akan memberatkan loading blog anda.

#Akun Dengan Atas Nama Anda Sudah Ada

  Dan yang terakhir, anda sudah memiliki akun dengan data yang sama dengan data yang anda gunakan untuk mendaftar adsense. Seperti yang saya sebutkan diatas, satu orang hanya diperbolehkan memounyai satu akun adsense.

  data tersebut bisa berupa apa saja yang sama persis dengan data anda seperti nama, alamat juga alamat email.

  Jika sudah demikian, anda masih mempunyai 3 pilihan

  1. Upgrade akun adsense (bila masih non-hosted) atau memberikan otoritas ke blog anda yang baru (Jika berdomain TLD)
  2. Mendaftar dengan data orang tua atau teman atau mungkin punya nenek
  3. Berhenti berharap (kaya lagu)


#Kesimpulan

  Dari 9 alasan tersebut, setidaknya bisa mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya penolakan yang tentunya tidak kita inginkan. Alasan-alasan tersebut merujuk pada pengalaman pribadi dan temen-temen blogger yang lain.

  Setelah mengetahui beberapa penyebab atau alasan ditolaknya adsense, kini saatnya anda menyimak 9 Tips Mendaftar Adsense Agar Mudah Diterima yang semoga bisa membantu anda dalam mendapatkan title publisher adsense.

  Sampai disini artikel 9 Alasan Kenapa Blog Kamu Ditolak Adsense semoga pendaftaran adsense anda akan segera di approve. Semoga hari-hari anda menyenangkan, Selamat malam dan sampai jumpa.

Semoga bermanfaat. Salam dari blogger Tegal!