2017/03/30
2017/03/30T3/30/2017

5 Niche Blog Terbaik Untuk Blog Adsense Indonesia

Niche Blog Terbaik Untuk Blog Adsense Indonesia - Pemilihan niche atau topik pembahasan blog juga sangat berpengaruh terhadap penghasilan iklan adsense anda. Niche blog menentukan besar kecilnya BPK (Bayar Per Klik). Semakin besar bayarannya tentu saja penghasilan anda pun akan semakin banyak. Dari beberapa cara meningkatkan pendapatan adsense, pemilihan niche yang tepat menjadi cara yang bisa dibilang paling efektif.

Menentukan niche blog memang bukan perkara yang mudah. Kadang, niche yang kita suka belum tentu juga memiliki bayaran yang tinggi. Begitu juga sebaliknya, niche dengan bayaran tinggi tidak selalu kita suka dan bahkan kita sama sekali tidak tahu. Alhasil, jika anda menerapkan niche yang tidak sesuai dengan passion anda, maka yang terjadi artikel yang anda buat akan semrawud karena anda membuatnya tanpa memiliki pengetahuan di bidang tersebut.

Berkaca dari realita diatas, sudah sepantasnya anda harus menentukan niche yang sesuai dengan keahlian anda serta memiliki bayaran yang tinggi. Artinya, anda harus menyeimbangkan keduanya agar bisa berjalan beriringan. Jangan berbuat sesuatu yang konyol yang bisa memberatkan sisi sebelahnya. Salah menentukan niche akan menghambat perkembangan blog anda.

Bermain adsense adalah hal yang susah-susah gampang. Susahnya terletak pada permulaan dimana fase persiapan dan pematangan dilakukan. Dari mulai proses pendaftaran yang susahnya bukan main, menentukan topik yang akan dibahas pada blog kita, mencari slot iklan terbaik, mendatagkan trafik dan masih banyak lagi perjuangan yang harus ditempuh seorang publisher adsense.

Gampangnya, setelah kita melalui semua penderitaan diatas, barulah kita bisa merasakan buah dari kerja keras yang selama ini dilakoni. Menjadi publisher adsense bukanlah jalan cepat untuk menjadi sukses. Dibutuhkan waktu, kerja keras dan konsistensi sama halnya seperti kerja di dunia nyata. Ada masalah, ada kalanya jaya dan ada kalanya terpuruk.

Nah.. Untuk bisa menentukan niche yang tepat, anda dapat mengacu pada 3 faktor dibawah ini

  1. Anda memiliki keahlian dibidang tersebut
  2. Niche yang banyak peminatnya 
  3. Niche tersebut memiliki bayaran yang tinggi

Pertama, Dengan memiliki keahlian pada niche yang dipilih, anda bisa membuat artikel yang berkualitas dan ditunjang dengan penjelasan yang mendalam serta mudah dimengerti karena anda benar-benar paham dengan apa yang anda tulis.

Bukan sekedar tulis atau meniru atau yang lebih parah lagi, kemungkinan mencopy paste artikel orang akan terjadi yang disebabkan karena anda bosan dengan niche yang sama sekali tidak anda mengerti.

Kedua, Niche yang memiliki banyak peminat juga sudah bisa dipastikan niche tersebut banyak dicari netizen dan akan lebih menguntungkan, karena potensi ramainya pengunjung lebih besar dibandingkan dengan niche yang sedikit orang mengetahuinya.

Namun, untuk yang satu ini membutuhkan lebih banyak upaya anda. Pasalnya, Niche yang banyak digandrungi akan banyak orang yang menerapkannya dan persainganpun akan semakin berat.

Niche seperti ini banyak digunakan oleh website-website besar yang memiliki dana untuk mempromosikan konten mereka. Untuk bisa bersaing dengan mereka tentu saja harus berani menggelontorkan dana yang tidak sedikit.

Tapi jangan khawatir, banyak teknik yang bisa anda tempuh untuk mempromosikan konten anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal bahkan gratist. Diantaranya bisa menggunakan metode promosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain.

Media sosial juga sudah banyak yang menggunakannya untuk sarana mempromosikan berbagai macam produk. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Ketiga, Memilih niche yang menawarkan bayaran besar. Harga untuk setiap iklan yang ditayangkan oleh google adsense bervariasi, tidak semuanya sama. Tergantung dari pada advertisernya. Ada yang mencapai satu dollar untuk setiap kliknya, yang hanya Rp 100 pun tidak sedikit.  Maka dari itu, pandai-pandailah untuk memilih niche untuk blog anda.


Lalu apa hubungannya niche dengan iklan adsense sehingga sering dikait-kaitkan dengan penghasilan adsense?

Begini..

Google adsense adalah jaringan periklanan yang menampilkan iklan pada website publishernya se-relevan mungkin. Lalu seperti yang saya sebutkan diatas bahwa harga iklan tergantung dari para advertisernya sebagai pemilik iklan.

Ada dua hal yang mempengaruhi besar kecilnya CPC atau BPK iklan adsense

1. Jenis Produk yang diiklankan


Contoh :

-Si A ingin mengiklankan dealer mobilnya melalui adsense supaya banyak orang yang dijangkau.

-Sedangkan si B akan mengiklankan toko hpnya.

Kira-kira ketika iklan mereka sudah ditayangkan di websitenya publisher adsense, iklan siapa yang memiliki bayaran tertinggi?

Jika anda manusia normal, pasti sudah bisa memastikan bahwa iklan si A-lah yang memiliki harga tinggi karena produk yang diiklankan si A lebih mahal dibandingkan si B, maka si A-pun harus menghargai iklannya lebih tinggi daripada si B.

2. Tingkat relevansi iklan dengan konten

Semakin relevan/ kontekstual/ sesuai iklan yang tampil pada blog anda, semakin besar pula bayarannya. Iklan yang relevan biasanya muncul karena tiga faktor

a. Mengikuti apa yang dibahas pada blog tersebut

Semakin spesifik pembahasan pada blog anda, iklan yang relevan akan sering muncul. Artinya, semakin sedikit niche yang dibahas, iklan yang sesuai dengan konten anda akan lebih sering muncul.

b. Pengaruh Cookie dan History Browser Pengunjung

Ketika kita berselancar di internet, tindakan kita akan dicatat oleh cookie browser yang kita gunakan.
Hal ini seringkali menjadi faktor relevansi iklan yang muncul. Sebagai contoh kita sering mengunjungi website hosting. Maka, iklan yang muncul pun berkaitan dengan hosting.

c. Penerapan custom channel

Sebagian besar blogger, menentukan niche pada blognya karena didasari pada keinginan supaya penghasilan adsense nya lebih maksimal. Mereka tahu bahwa niche-niche tertentu memiliki nilai BPK atau CPC yang tinggi.

Kok bisa begitu?

Seperti ini...

Anggap saja anda sebagai advertiser (pemilik iklan) dan akan mengiklankan produknya melalui adsense. Misalnya, produk yang akan diiklankan adalah "Jasa pembuatan website". Maka, anda akan mengharapkan iklan anda tampil pada blog yang membahas tentang website supaya iklannya tepat sasaran.

Yang menginginkan hal tersebut tentu bukan cuma anda, maka persaingan pun tidak bisa dihindari. Supaya anda mendapatkan slot iklan yang ideal, maka anda harus berani membayar promosi iklan anda lebih besar dari kompetitor lain. Dengan begitu, bayaran iklannya pun menjadi tinggi.

Biasanya, untuk menentukan blog yang sesuai dengan iklan anda, para advertiser berebut untuk bisa menempati blog yang menggunakan custom channel atau yang lebih dikenal dengan sebutan saluran khusus.

Saluran khusus merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menawarkan kepada advertiser sebagai slot iklan yang tertarget. Para pengiklan pun akan membidik slot tersebut sebagai langkah agar iklannya tampil tepat pada orang yang mereka incar.


-Anda dapat memprediksi berapa besar harga suatu iklan dengan tool keyword plannner untuk melihat estimasi harga pada iklan tertentu. Semakin tinggi tingkat persaingannya, semakin tinggi juga harga iklan tersebut. Dengan begitu, anda bisa mempertimbangkan niche mana yang akan anda pilih.

Niche Blog Terbaik Untuk Blog Adsense Indonesia

5 Pilihan Niche Terbaik Untuk Blog Adsense Indonesia

Sekarang saatnya untuk menentukan niche apakah yang akan anda terapkan pada blog anda. Sekali lagi saya tegaskan bahwa Google Adsense akan menampilkan iklan yang kontekstual sesuai isi dari website atau blog itu sendiri berdasarkan dua faktor yang sudah saya sebutkan di atas.

Agar iklan yang muncul sesuai dengan apa yang diharapkan, pilihlah satu niche saja untuk satu blog. Semakin sempit niche pada blog anda, robot google akan dengan mudah mengidentifikasi pembahasan yang ada pada blog anda dan iklan yang tampilpun akan semakin sesuai dengan apa yang anda bahas. Dengan begitu, potensi klik pada iklan anda akan semakin bertambah besar.

Kembali ke topik pembahasan. Berikut Niche Blog Terbaik Untuk Blog Adsense Indonesia dengan bayaran yang mahal

1. Teknologi

Sebagaimana yang kita tahu, teknologi dari hari kehari semakin menjadi-jadi. Jangan lewatkan kesempatan emas ini.

Tak terkecuali internet, Semakin banyaknya pengguna internet, berarti peluang sukses anda semakin besar.

Teknologi itu sangat banyak, jadi ngga usah dibikin pusing. Anda bisa memilih teknologi yang anda suka sebagai niche blog anda. Toh pasti banyak juga yang menyukainya seperti
  • Komputer
  • Smartphone
  • Kamera
  • dll.
Membuat artikelnya-pun tidak kalah mudahnya. Anda bisa menerapkan ide-ide dibawah ini

2. Otomotif

Memilih niche otomotif juga menjadi pilihan yang bagus. Sangat banyak peminat otomotif, jadi tidak ada salahnya kalau anda memilih niche yang satu ini. Justru, semakin banyak peminat, maka artikel anda akan banyak yang mencarinya.

Sedikit ide untuk membuat artikel dngan niche otomotif
  • Jasa Service Mobil/Motor
  • Perawatan dan sparepart
  • Review Produk
  • Harga Produk
  • Update Berita Otomotif
  • Komunitas Otomotif
  • dll.


3. Bisnis

Entah itu bisnis online maupun online pada dasarnya sama saja, yang dicari adalah keuntungan yang tak lain adalah uang. Banyak sekali orang yang mencari peluang usaha diinternet. Dan tidak sedikit pula orang yang sudah sukses menjalankan bisnis online ini.

Bisnisnya-pun beraneka ragam. Ada MLM, Trading, Menjadi penayang iklan, menjual jasa dan bahkan ada juga yang menjual foto secara online.

Anda bisa menggunakan niche ini untuk menginformasikan seperti

  • Peluang Usaha
  • Usaha Rumahan
  • Bisnis Kecil-kecilan
  • Lowongan kerja
  • dll.


4. Travel

Ya, traveling adalah hobi yang sebagian besar pelaksanaannya harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Makanya, Jenis niche ini memiliki bayaran yang menggiurkan. Jadi, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Selain menggunakan adsense, anda juga bisa menjalin kerjasama dalam program affiliasi yang menyangkut hal-hal yang berbau travel. Dengan begitu, penghasilan anda akan berlipat ganda.

Dengan niche tersebut, anda bisa membuat banyak ide untuk membuat artikel seperti

  • Destinasi Wisata
  • Harga Tiket
  • Hotel Yang Cocok
  • Tips-tips dalam traveling
  • Perlengkapan traveling
  • dll.


5. Fashion dan Gaya

Sekarang sedang marak-maraknya toko online. Hampir semua barang sudah bisa dibeli secara online tak terkecuali barang-barang yang menyangkut fashion. Penggila fashion-pun jumlahnya bukan main banyaknya yang sebagian besar didominasi oleh kalangan wanita.

Sudah tidak heran lagi kalau perempuan sangat melotot jika melihat barang-barang yang sedang menjadi trend. Mereka banyak mencari informasi melalui internet. Dari situ anda mendapatkan peluang besar dengan menjadi penulis informasinya.

Jenis iklan seperti ini biasanya dipakai oleh website toko online besar yang banyak dipercaya membayar tinggi untuk penayangnya. Untuk niche fashion sendiri biasanya tidak jauh dari pakaian dan kecantikan.

Untuk pakaian, anda bisa meniru ide ini

  • Update Berita Fashion Terbaru
  • Review Produk Fashion
  • Harga-harga Produk Fashion
  • Tutorial Hijab
  • dll.
Untuk kecantikan, lumayan banyak juga. Diantaranya

  • Tutorial Make-up
  • Tips Berdandan
  • Review Barang-barang Kecantikan
  • Harga-harga Produk Kecantikan
  • Trend Terkini
  • dll.

#Kesimpulan


Walaupun nichenya sudah bagus, semua kembali lagi tergantung siasat dan penyajian anda. Dari gaya penulisan, tata bahasa, penuturan yang mudah dimengerti juga akan menjadi faktor penentu kesuksesan anda meniti karir sebagai seorang blogger.

Buatlah konten yang berkualitas. Tidak harus panjang, yang penting bermanfaat dan mudah dimengerti pengunjung itupun sudah cukup. Prioritaskan kenyamanan pembaca daripada yang lain.

Sekian ulasan mengenai Niche Blog Terbaik Untuk Blog Adsense Indonesia,  Semoga bisa membantu. Jika ada pertanyaan atau mungkin saran, jangan sungkan unjuk gigi dikolom komentar.

Sekian,
Semoga bermanfaat!.