Penyebab dan Cara Mengatasi Crawl Error 404 Pada Blog (Webmaster)

Cara Mengatasi Crawl Error Page not found 404 Pada Webmaster - Salah satu faktor penyebab buruknya kondisi kesehatan sebuah website atau blog adalah dimana banyaknya crawl error yang ditandai dengan Page not found 404. Apa itu crawl error? Crawl error merupakan kesalahan perayapan search engine (mesin pencari) dimana saat website atau blog anda dirayapi, terdapat link atau url yang menuju ke sebuah halaman, akan tetapi halaman tersebut tidak bisa diakses ataupun sudah dihapus. Jika diakses, biasanya akan terdapat peringatan "Halaman Tidak Ditemukan".

Penyebab Error Page Not Found 404

  Penyebab paling umum Crawl error biasanya terjadi karena anda menghapus artikel yang sudah dipublikasikan yang mana artikel tersebut sudah terindex oleh google. Saat url artikel tersebut diakses, maka akan muncul halaman Page bot found atau halaman tidak ditemukan.

  Penyebab lainnya adalah ketika seseorang menaruh link pada komentar blog anda lalu anda dengan sengaja menghapusnya. Satu lagi, salah mengetikkan url yang mengarah pada subdomain juga dapat mengakibatkan crawl error.

  Penyebab pasti dari masalah page not found yakni Broken Link (Link rusak/mati)

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya adalah dengan menghapus crawl error pada webmaster. Langkah ini dilakukan dengan tujuan supaya proses perayapan blog akan berjalan mulus seperti yang diharapkan. Walaupun dengan memperbaiki crawl error tidak akan berefek pada posisi blog pada SERP, namun hal ini tetap harus dilakukan supaya kesehatan blog anda tetap stabil. Kalau tidak, Blog anda akan terkena penyakit. Yang namanya penyakit pasti akan berimbas buruk.

  Cara mmperbaikinya pun sudah banyak yang membahasnya. Biasanya, mereka hanya menyarankan untuk menandai sebagai telah diperbaiki pada url error tersebut. Cara tersebut sebenarnya bisa saja mengatasi masalah ini, namun menurut saya kurang efektif karena dilakukan secara otomatis oleh pihak google.

  Berangkat dari situ, dibawah ini saya sudah menuliskan tutorial manualnya supaya lebih ampuh nantinya.


Langkah Menghapus Crawl Error Pada Webmaster

  Sebelum dimulai, pastikan blog anda sudah terhubung dengan webmaster. Jika sudah, silahkan menuju akun webmaster tools anda lalu pilih blog yang akan dieksekusi. Kemudian ikuti intruksi dibawah ini.

#Pertama, pada menu pilihan disebelah kiri pilih menu Crawl. Kemudian Pilih lagi Crawl Errors. Akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Crawl Error 404 Pada Blog (Webmaster)

  Pada tab not found, disitu terdapat jumlah crawl errornya. pada gambar diatas, jumlahnya ada 10 pada versi smartphone. Untuk versi desktop jumlahnya bisa berbeda.

  Dan dibawahnya terdapat daftar url yang error. Copy semua url tersebut pada notepad anda. Atau jika tidak mau repot, anda bisa membuka webmaster tools lagi pada tab baru.

#Kedua. Jika sudah tercopy semua ataupun sudah membuka webmaster tools pada tab baru, pilih Google index pada menu sebelah kiri, kemudian pilih lagi Remove URLs untuk menghapus url yang tadi. Lihat gambar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Crawl Error 404 Pada Blog (Webmaster)


  Klik Temporarily hide lalu masukan url yang sudah dicopy pada notepade tadi satu persatu.

  Untuk yang membuka webmaster pada tab baru, caranya sama tinggal paste urlnya satu persatu.

  Kemudian klik Continue lalu akan muncul laman seperti ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Crawl Error 404 Pada Blog (Webmaster)

  Pada bagian request type, pilih yang pertama yaitu Temporarily hide page from search results and remove from cache yang artinya "Menyembunyikan sementara halaman dari hasil pencarian dan menghapus dari cache".

  Kemudian klik Submit Request.

#Ketiga. Lakukan pen-submitan url berulang-ulang satu-persatu sampai url yang error telah ter-submit seluruhnya (Langkah Kedua).

  Jangan lupa juga untuk men-submit url yang error pada semua versi (Desktop dan Smartphone).

#Keempat. Setelah seluruh url tersubmit untuk dihapus, kembali ke halaman crawl error dengan mengeklik menu Crawl - Crawl Errors seperti langkah pertama.

  Kemudian centang seluruh url error pada daftar lalu klik tombol Mark as Fixed (Tandai sebagai sudah diperbaiki). Langkah ini bertujuan untuk memberitahu kepada google bahwa url error tersebut sudah diperbaiki.


  Sampai tahap ini anda sudah memperbaiki masalah page not found pada blog anda. Penghapusan url tersebut bisa memakan waktu beberapa hari tergantung pada seringnya google merayapi blog anda. Cobalah untuk mengecek secara berkala, apabila url yang error muncul lagi, lakukan kembali cara diatas.

  Semoga dengan melakukan langkah-langkah diatas, reputasi dan kesehatan blog anda akan semakin membaik. Bukan hanya blognya saja yang sehat, orangnya juga semoga sehat selalu.

  Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Akhir-akhir ini saya lagi males banget update postingan. Apalagi postingan ini, susah nyari gambar screenshotnya. Harus nunggu blog saya ada crawl errornya supaya artikel ini ditulis bukan hanya asal-asalan dan copas, tapi memang sudah pernah mengimplementasikannya sendiri.

  Demikianlah artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Crawl Error 404 Pada Blog (Webmaster).
Semoga bermanfaat!.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Crawl Error 404 Pada Blog (Webmaster)"

Post a Comment

Ceklist Notify Me untuk mendapatkan pemberitahuan saat komentar anda dibalas.
Komentar berisi link tidak akan ditampilkan.