2017/03/20
2017/03/20T3/20/2017

Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog atau Website

Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog atau Website - Privacy Policy atau dalam bahasa indonesianya kebijakan privasi, merupakan suatu dokumen atau halaman pada sebuah blog/website yang didalamnya terdapat penjelasan kepada pengunjung bagaimana blog/website tersebut dikelola.

Dengan adanya halaman privacy policy, sebuah blog/website pun akan terkesan semakin profesional dan dengan hal tersebut juga, Keseriusan anda dalam membangun sebuah blog akan lebih terlihat.

Kedua manfaat tersebut juga dapat mempermudah blog/website anda untuk bisa diterima google adsense bagi anda yang ingin menghasilkan uang dari blog anda seperti yang saya sebutkan dalam 9 Tips Mendaftar Adsense Agar Mudah Dan Cepat Diterima.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial membuat privacy policy online dengan mudah dan tanpa harus memikirkan kata-kata serta isi yang akan digunakan karena cara ini menggunakan sebuah tool privacy policy online generator.
Tips Membuat Blog Gratis Terlihat Profesional
Sayangnya, hasil generate dari tool ini tidak tersedia untuk bahasa indonesia. Walaupun begitu, anda bisa menerjemahkannya jika ada waktu luang.

Untuk membuat privacy policy, sebenarnya ada 3 cara:
Yang pertama, buat privacy polisi sendiri alias manual
Yang kedua, Minta dibikinin sama temen atau seseorang dan
Yang ketiga, Menggunakan situs penyedia pembuatan privacy policy online.

Yang akan dibahas kali ini yakni cara yang ketiga, yaitu menggunakan privacy policy generator yang free alias gratis!

Ada beberapa situs yang bisa anda gunakan, namun yang paling mudah dan gratis tentunya, yaitu menggunakan situs privacypolicyonline.com. Okeh langsung saja kita menuju ke tkp. Berang-berang makan berkat, Berangkaaaaat!!.

Membuat Privacy Policy Online

1. Yang harus anda lakukan adalah menuju ke situs privacypolicyonline.com. Pastinya. Kemudian anda akan disuguhi beberapa form yang harus diisi seperti gambar berikut:

Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog atau Website
Membuat Privacy Policy Online

2. Mengisi formulir.  Cara mengisinya bagaimana?
  • Your Site Tittle     : Isi dengan nama blog anda
  • Your Site Url        : Isi dengan alamat url blog anda. Contoh (www.penajingga.com)
  • Contact Link        : Isikan Link yang menuju halaman kontak pada blog anda. Contoh (www.penajingga.com/p/contact-us.html)
  • Email Address      : Isi alamat email anda
  • Email Encryption : Pilih salah satu. No Encryption juga tidak masalah
  • Cookies                 : Pilih Yes
  • Advertisers           : Ceklist jaringan iklan apa saja yang anda pasang di blog anda.
Jika masih bingung, silahkan cocokkan sama persis seperti gambar diatas.

3. Setelah semua form sudah lengkap, klik Generate Policy atau Generate HTML. Keduanya sama saja.
Jika anda mengeklik Generate Policy, nantinya akan tampil halaman privacy policy yang telah anda buat sebelumnya. Anda tinggal mencopy seluruh kata-katanya kemudian tempelkan pada laman atau postingan blog anda.

Untuk yang menggunakan Generate HTML, anda akan menemukan halaman yang berisi kode html yang sangat panjang. Copy semua kode tersebut kemudian masuk ke dasbor blog->Laman lalu buatlah laman baru dengan judul Privacy policy atau Kebijakan privacy.

Ubah mode penulisan dari Compose ke HTML. Kemudian paste seluruh kode html yang sebelumnya anda copy. Setelah itu klik Publikasikan.
Cara Membuat Privacy online Policy Untuk Blog atau Website
Membuat Privacy Policy Online


Setelah semua ronde selesai dilaksanakan, Kini blog anda sudah memiliki privacy policy sendiri. Tinggal memasang pada header atau footer blog.

Selesainya tutorial Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog atau Website ini juga akan sekaligus mengakhiri postingan kali ini. Jarum jam pun sudah bertengger di nomor 3. yah.. Jam tiga pagi, mumpung moodnya lagi baik.

Sekian.
Semoga bermanfaat!.