2017/03/13
2017/03/13T3/13/2017

Cara Membuat Blog Gratis Agar Terlihat Profesional

Cara Membuat Blog Agar Terlihat Lebih Profesional - Akan menjadi kebanggaan tersendiri jika kita memiliki sebuah blog gratis namun terkesan lebih profesional seperti layaknya website-website besar pada umumnya. Keprofesional-an sebuah blog tidaklah hanya dilihat dari tampilannya saja, Namun dari berbagai aspek seperti gaya penulisan, isi dan lain sebagainya.

#Alasan kenapa blog anda harus terlihat profesional

Cara agar blog terlihat profesional
Ilustrasi Profesional Blogger

  Anda mencari dan membaca Tips Membuat Blog Gratis Agar Terlihat Profesional tentu saja bukan tanpa alasan Bukan? Ya, setiap orang yang melakukan sesuatu, pasti orang tersebut mempunyai alasan kenapa dia melakukan hal tersebut.

  Maka dari itu, terlebih dahulu anda harus memiliki alasan kenapa blog anda harus menjadi profesional.

  Biasanya, seorang blogger yang ingin membuat blognya terlihat profesional mempunyai alasan supaya blognya lebih enak dipandang. Memang benar, namun masih ada lagi.

  Selain enak dipandang, blog profesional juga mempunyai beberapa kelebihan yang bisa menjadi alasan untuk anda. Apa sajakah itu?
  • Lebih Mudah Diterima Adsense
  • Pengunjung Akan Lebih Percaya Apa Yang Anda Bagikan
  • Dapat Dijadikan Referensi
  • Kalau Dilihat-lihat, Seneng..... banget !.
  • Potensi Kembalinya Pengunjung Lebih Besar
  • Nanti Anda Akan Merasakannya Sendiri
  Setelah mendapatkan alasannya, sekarang beralih ke caranya.

Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keprofesional-an sebuah blog?

  Jawabannya, banyak sekali. Dan berikut adalah beberapa tips supaya blog anda terlihat profesional:

①. Tampilan

  Sepertinya tampilanlah yang sangat mempengaruhi profesionalisme sebuah blog. Karena sebagian besar orang, menilai sesuatu itu dari tampilannya terlebih dahulu. Sama halnya dengan sebuah blog, yang pertama kali orang nilai dari blog tersebut adalah tampilannya. Baguskah? atau Jelek kah? Semuanya tergantung pada diri anda.

  Coba saja anda berkunjung ke sebuah blog yang tampilannya amburadul tidak karuan? Mungkin anda akan berpikir "Dari tampilannya saja sudah bikin males, apalagi isinya." Bukan begitu?

Lalu, seperti apa cara mendesain tampilan blog supaya terkesan lebih profesional?

  Berikut beberapa hal yang bisa anda perbuat:

  • Template
  Simple nan sederhana adalah template yang bisa menjadi pilihan anda. Selain sederhana, anda juga harus memperhatikan kecepatan loading blog anda.

  Jangan terlalu neko-neko mendesain template, selain berpengaruh buruk, pengunjung juga tidak terlalu suka dengan blog yang terlalu banyak pernak-perniknya.

  • Dominasi Warna Yang Tepat
  Warna menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dalam kasus ini. karena pemilihan warna yang tidak tepat, akan berimbas buruk pada tampilan blog anda.

  Pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok (Terang/Cerah) supaya pengunjung blog anda nyaman saat membaca artikel blog anda pada malam hari.

  Selain itu, jangan terlalu banyak warna. Blog bukanlah pelangi yang semakin indah jika banyak warnanya. Gunakanlah dua warna yang paling banyak mendominasi blog anda.

  • Pasang Widget Seperlunya
  Sudah menjadi tradisi seorang blogger menghiasi blognya dengan beraneka ragam widget-widget yang unik-unik seperti widget jam, jumlah visitor, kalender dan semacamnya.

Jika anda ingin tampilan yang profesional, hal tersebut tidaklah dianjurkan.

  Pasanglah widget yang penting-penting saja seperti widget popular posts, recend posts, labels, dan archive blog. Widget-widget tersebut sangatlah penting, namun banyak blogger yang menyepelekan.

  • Jenis dan Warna Font
  Saya sering sekali menjumpai blog yang menggunakan font-font alay yang membuat saya malas untuk membaca artikelnya dan saya lebih memilih untuk mencari artikel ditempat lain. Kecuali, artikel yang saya cari hanya tersedia di blog tersebut. Ya.. mau nggak mau saya harus baca.

  Nah.. Untuk anda yang ingin memaksimalkan keprofesional-an blog anda, saya sarankan untuk tidak menggunakan font-font yang susah dibaca.

  Gunakanlah font standar saja seperti arial atau verdana yang mudah saat dibaca dan tidak menyebabkan pengunjung malas membaca blog anda.

  Kalau untuk warnanya, dari dulu sampai sekarang yang paling banyak dipakai ya hitam putih. Hitam untuk textnya dan putih untuk backgroundnya.

  • Logo
  Blog profesional sudah pasti memiliki logo yang akan menjadi ciri khas blog itu sendiri.
Dengan memberikan logo, setiap pengunjung yang teringat blog anda akan selalu terngiang logo tersebut.

  Contoh saja website facebook. Apa yang terlintas dibenak anda saat melihat atau mendengar kata-kata facebook? 
Logo berwarna biru dengan huruf F didalamnya. Ya, tepat sekali. Bukan malah bayang-bayang mantan yang justru anda ingat. hahaha..

  Perusahaan-perusahaan besar juga menggunakan logo sebagai alat yang ampuh untuk meningkatkan brand atau produk mereka dengan tujuan supaya mudah diingat orang. Seperti perusahaan Apple dengan logo apel digigitnya, Google dengan warna khasnya, Ford dengan logo kudanya dls.


  • Buat Halaman Pendukung
  Setiap blog profesional pasti terdapat halaman pendukung seperti Privacy policy, Tos, Contact us dan lain sebagainya. Hal ini sangat dibutuhkan dalam sebuah situs. Karena isi yang terkandung didalam halaman tersebut merupakan hal penting mengenai situs tersebut. Misalnya Kebijakan iklan, cookie, kontak dll.

  Untuk membuat halaman privacy policy, anda dapat membacanya pada artikel Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog.

②. Gaya Penulisan

  Selain berpengaruh pada konten, Penulisan yang baik sangat berpengaruh pada sebuah blog. Coba saja anda membaca sebuah artikel dengan penulisan seperti ini:

"S'org gru di sklh mgatkan bhwa brpikir adlh pnddkan. Brpkr,  mmbka pntu ke pkran qta and mmbuat qta mnrima gagasan dlm mmprluas cakrawala qta dn bljar hal-hal bru".


  Sanggup untuk membaca lebih banyak lagi?
Kalau anda bukan manusia alay, pasti anda sudah memutuskan untuk mencari artikel di lain tempat.

Bukan begitu?

  Lalu, seperti apa penulisan yang baik itu?
Penulisan yang baik mengikuti tata Bahasa Indonesia yang benar seperti penggunaan tanda baca dan lain sebagainya. 

Kalau blog saya berbahas inggris?

  Ya sama saja. Gunakan bahasa Inggris yang sesuai dengan tata bahasa inggris.  Karena bahasa inggris itu strukturnya berbeda dengan bahasa indonesia. 

Contoh: 

  • Bahasa  Indonesia : Media Sosial
  • Bahasa Inggris     : Social Media
  Kalau anda mempunyai blog bahasa inggris namun anda tidak mahir dalam bahasa inggris, jangan pernah membuat artikel bahasa inggris dengan menggunakan alat translate seperti google translate, bing translate dan sejenisnya. Alat tersebut tidaklah 100% tepat dan tidak sesuai dengan grammar bahasa inggris yang benar. Saran saya, belilah artikel dari penulis lepas yang penulisannya baik.

Next..

  Tidak peduli bahasa inggris atau indonesia, yang terpenting menulislah untuk pembaca, bukan untuk diri sendiri. Maksudnya gimana mas?

Begini..
  
  Saat anda membuat sebuah artikel, cobalah lihat pratinjaunya lalu anda bayangkan menjadi pembaca blog anda atau suruhlah keluarga atau teman anda untuk membacanya. Apakah mudah dipahami ? Jika iya, kemungkinan besar pengunjung juga akan menyukai artikel anda.

  Namun, tata bahasa yang baik tidak semuanya enak dibaca. Lalu saya harus pilih yang mana? Tata bahasa yang baik atau enak dibaca dan mudah dipahami tapi tata bahasanya kurang tepat? 
Jika anda dipertemukan dengan pilihan yang membingungkan diatas. Pilihlah yang kedua ! Kenapa begitu mas? Penulisan blog dan buku itu berbeda, jadi dalam kasus ini, anda saya sarankan untuk sedikit mengabaikan tata bahasa.

③. Jangan Memasang Lagu

  Belakangan ini, Memasang lagu pada blog menjadi trending dikalangan para blogger. Saya sendiri sempat tertarik untuk memasangnya. Namun untungnya, Saya tidak mempunyai waktu untuk memasangnya.

  Asal anda tahu, hal tersebut banyak merugikan blog anda seperti Loadingnya jadi Lama, Turunnya Jumlah Visitor dan masih banyak lagi.
Hal diatas dapat dipicu dengan adanya lagu yang otomatis menyala jika blog anda dibuka.

  Jika anda masih bersikeras untuk tetap memasangnya, Coba pikirkan lagi, Apakah semua pengunjung menyukai lagu yang anda pasang tersebut? Tidak semuanya bukan?. Lalu bagaimana dengan mereka yang kuotanya minim namun anda memaksanya untuk mendengarkan lagu yang tidak mereka suka saat mengunjungi blog anda? Kuota mereka juga akan cepat ludes dan dengan cepat, mereka akan meninggalkan blog anda yang akan menyebabkan turunnya trafik blog anda.

④. Tentukan Waktu Update

  Menentukan waktu saat mengupdate artikel juga salah satu ciri-ciri blog profesional. Selain itu, mengaplikasikan tips ini juga mencerminkan kalau anda adalah blogger yang mempunyai prinsip dan bisa mengatur waktu.

Masih bingung?

Contoh: "Setiap hari selasa jam 10 malam saya update artikel" atau "Setiap seminggu sekali saya update artikel".

  Memang susah sekali untuk menerapkan tips yang satu ini. Saya sendiri sudah mencoba beberapa kali namun hasilnya nihil. Semoga saja anda bisa melakukannya.

⑤.  Men-custom Domain

Belum tahu maksud dari men-custom domain?

  Men-custom domain adalah mengganti domain blog yang awalnya Bloganda.blogspot.com / .wordpress.com / .tumblr.com dsb. menjadi Bloganda.com / .net / .id dsb.

  Mengganti domain anda ke domain TLD(.com/.net dsb) juga dapat memperlihatkan keprofesional-an blog anda, enak dilihat, mudah diingat dan akan mempermudah seseorang yang ingin mengunjungi blog anda.

  Tips ini adalah tips berbayar. Jadi, anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk membeli domain. Untuk domain .com, kisaran harganya sekitar 120 ribu rupiah. Kalau ingin yang murah-murah saja saya sarankan untuk membeli domain .id saja yang harganya sekitar 60 ribu rupiah.

  Budget segitu tidaklah masalah jika anda memang benar-benar serius ngeblog dan ingin blognya terlihat profesional. Tapi, Jangan memaksakan juga kalau anda tidak memiliki dana karena memang anda masih pelajar atau belum memiliki pekerjaan. Toh masih ada banyak waktu untuk setidaknya mengumpulkan uang terlebih dahulu.

  Sudah ada niat untuk men-custom domain namun masih bingung dimana tempat belinya? atau mungkin masih ragu?
Berdasarkan pengalaman saya, IDwebhost bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membeli domain. Selain terpercaya, pelayanannya juga sangat baik. Tertarik? Silahkan kunjungi website resminya atau klik disini.

  Untuk cara pembelian dan pemasangannya, anda bisa membaca postingan saya tentang Cara Membeli dan Meng-custom Domain Blogspot Ke Domain TLD Terbaru.

⑥. Pemilihan Nama Yang Pas

  Ini nih yang sering diabaikan blogger pemula. Padahal, nama blog anda akan menjadi sorotan utama pengunjung.
Biasanya mereka menggunakan nama aslinya atau bahkan nama alaynya. Iya kalau namanya bagus dan mudah diingat, coba kalau namanya Roro riri rahmawati lalu dia membuat blog dengan nama domain rororirirahmawati.com? Orang akan susah sekali untuk mengingatnya. Kalau sudah begitu, pengunjung juga akan sedikit.

Lalu, bagaimana pemilihan nama blog yang tepat?

  Gunakanlah nama yang singkat padat, jelas dan mudah diingat. Bukan singkat, padat dan nggak jelas.
Kalau memang nama anda sudah mainstream seperti udin atau asep, akan lebih baik jika anda menggunakan nama anda sendiri seperti halnya blogger senior kita mas Sugeng.

⑦. Hindari Iklan Pop-up

  Memasang iklan pop-up menjadi pilihan yang paling banyak diminati para blogger yang sudah muak dengan penolakan jaringan iklan milik google yaitu google adsense.

  Penghasilan yang didapatkan dari iklan pop-up juga lumayan menggiurkan. Walaupun begitu, anda harus ingat bahwa google adsense adalah jaringan iklan internet terbaik karena mereka lebih mementingkan kenyamanan pengunjung dibandingkan iklan pop-up yang justru sangat mengganggu.

Tapi saya ingin memonetisasi blog saya mas?

  Sesuai judul artikel ini, jika anda menginginkan blog yang berkesan profesional dengan tetap memonetisasinya, maka hindari iklan jenis pop-up. Masih banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memonetisasi blog anda seperti mengikuti program affiliasi atau menyediakan layanan berbayar.

  Kalau anda belum bosan dengan penolakan adsense dan masih terus berusaha untuk bisa diterimanya, mungkin dengan membaca 9 Tips Agar Mudah Diterima Google Adsense dari saya, perjuangan anda akan sedikit dipermudah.

⑧. Akhir kata

  Hanya itu tips yang bisa saya share. Punya pendapat atau mungkin tambahan? Silahkan share dikomentar.

Semoga bermanfaat.