Boleh Memasang Iklan Sticky Adsense [Ads Sticky] Asalkan...

Bolehkah Memasang Iklan Sticky Adsense [Ads Sticky] - Perihal tersebut sampai saat ini masih diperdebatkan dan masih menjadi kontroversial. Apakah boleh memasang iklan adsense pada widget sticky? Bolehkah untuk memasang iklan adsense dengan gaya sticky? Namun baru-baru ini google memperbarui kebijakan adsensenya dan menyatakan telah memperbolehkan penayangnya untuk memasang iklan memikat tersebut.

Sekilas Tentang Ads Sticky
Ads sticky adalah iklan yang memikat/ menempel/ menetap/ melekat pada dinding website atau blog yang jika halamannya di scroll kebawah, iklan tersebut tetap melayang mengikuti layar perangkat anda.
Seperti iklan yang saya pasang pada blog ini. Itu adalah contoh widget iklan sticky.

Kontroversi Pemasangan Ads Sticky

Terkait: 9 Tips Mendaftar Adsense Agar Mudah Diterima

Pada awalnya, saya sempat berpikir dua kali untuk memasang iklan jenis ini. Karena, dari semua forum diskusi maupun para blogger yang saya tanyai, sebagian besar menjawab bahwa pemasangan iklan sticky tidak diperbolehkan.

Sampai pada akhirnya saya bertemu dengan seorang blogger kebetulan sudah lama menjadi publisher adsense dan saya menanyakan hal ini pada dia karena memang dia memasangnya pada blog tersebut. Dan dia menjawab bahwa iklan sticky boleh saja dipasang dalam blog selagi tidak mengganggu pengunjung karena google sangat memprioritaskan kenyamanan pengunjungnya.

Berangkat dari situ saya mulai berpikir untuk memasang ads sticky pada blog saya. Akan tetapi, kendala datang lagi setelah saya kembali bertanya tentang hal tersebut pada forum sekte karungan milik mas Dian tegal. Semua jawabannya sama "Tidak Boleh", "Melanggar Aturan Google Adsense".

Saya bimbang sekali dan merasakan dilema yang sangat dalam. Satu sisi saya ingin memasangnya karena akan memaksimalkan pendapatan adsense saya, disisi yang lain saya takut akan kehilangan akun adsense saya.

Karena akun adsense yang saya punya adalah salah satu akun saya yang unik dan aneh karena saat melakukan pendaftaran, saya langsung diterima kurang dari 24 jam dan dengan hanya 6 artikel saja. Pengalaman tersebut bisa anda baca di Pengalaman Diterima Adsense Full Approve Kurang Dari Satu Hari yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang belum pernah diterima adsense.

Dan pada akhirnya saya kembali bertanya pada mas blogger tersebut (jujur saya belum tahu namanya) tapi dia sudah banyak membantu saya dan pertanyaan kali inipun sama seperti yang waktu itu. Sampai masnya pun bilang kayaknya pernah deh bertanya seperti itu. Pertanyaan tersebut saya lontarkan untuk memastikan bahwa hal tersebut memang benar-benar dibolehkan atau tidak.

Saya bertanya sudah berapa lama memasang iklan sticky? Jawabannya "semenjak blog itu dibuat".
Pernah menerima teguran atau sanksi karena memasang ads sticky? Dijawabnya "Sampai saat ini belum pernah".

Dari jawaban diatas saya menjadi semakin yakin kalau hal tersebut sama sekali tidak melanggar TOS google adsense. Setelah kejadian tersebut barulah saya memasang widget iklan adsense pada sidebar blog saya dengan jenis sticky widget dan sampai detik ini juga saya tidak menerima teguran apapun dari google dan saya santai-santai saja karena saya beranggapan bahwa saya tidak melanggar kebijakan adsense.


Ads Sticky Mengacu Pada Kebijakan AdSense

Setelah sebelumnya melarang publishernya untuk menggunakan iklan memikat atau melayang tersebut, beberapa hari bulan yang lalu google menghapus kebijakan tentang penempatan iklan tersebut tanpa memberi pernyataan dibolehkan atau tidaknya pemasangan iklan tersebut.

Dan baru-baru ini google kembali mengupdate kebijakan adsensenya dan menyatakan bahwa penggunaan iklan tersebut diperbolehkan dengan syarat penayang harus disetujui terlebih dahulu. Gambar dibawah ini adalah penampakan laman kebijakan tersebut.

bolehkah memasang iklan adsense pada widget sticky  [sticky ads]


Tidak jelas mengenai siapa dan bagaimana cara untuk mengetahui apakah seorang telah disetujui untuk memasang iklan memikat atau belum karena di halaman tersebut hanya tertera kata-kata disetujui. Tanpa ada penjelasan yang lebih spesifik. Anda bisa mengunjungi laman tersebut secara langsung disini.

Dari pernyataan tersebut saya kembali dibuat bingung pasalnya dilaman tersebut dijelaskan bahwa iklan memikat hanya untuk publisher yang telah disetujui. Disetujui bagaimana? Seperti apa? 

Daripada pusing-pusing akhirnya saya mengirim pesan kepada mas Viddi Rizkiyansah. Mas vidy adalah anggota dari Geniee indonesia. Jika kemarin anda menonton live streaming google adsense pada tanggal 24 maret yang lalu, anda pasti tahu Mas Vidy.

Dan inilah beberapa transkrip perbincangan saya dengan mas Viddy.

Question: [Saya]


  1. Apa benar untuk bisa menggunakan sticky ads akun adsense kita harus terlebih dahulu disetujui?
  2. Bagaimana cara mengetahui akun adsense yang telah disetujui untuk memasang sticky ads?
  3. Tapi menurut seseorang, iklan sticky bisa langsung dipasang asalkan tidak mengganggu pengunjung walaupun umur adsensenya masih baru. Bagaimana pendapat anda?

Answer: [Mas Viddy]

  1. Menurut prosedur Geniee*, kami akan meminta approval dahulu dari PIC Google apakah website sudah layak menggunakan sticky ads, dan kami akan mengirimkan script sticky ads, tapi pada kenyataannya bisa memasang script sticky ads sendiri asalkan tidak menyalahi aturan Google Adsense.
  2. Dari Geniee* biasanya akan melakukan komunikasi dengan PIC kami di Google, dan mereka akan melihat website yang ada.
  3. Seperti yang kami sampaikan di point pertama, ini hanya prosedur Geniee* dan pada kenyataannya, sticky ads dapat langsung dipasang oleh publisher, Dari Geniee* karena sebagai google partner untuk adsense, maka kami mencoba membuat prosedur yang terecord oleh pihak google untuk semua publisher yang kami manage.

*Geniee adalah partner atau mitra resmi google adsense yang sudah terverifikasi oleh pihak google adsense sejak tahun 2011 untuk memanage (mengurus) akun adsense yang bergabung dalam program Geniee. Cara kerja Geniie adalah mengurus dan mengoptimalkan kinerja adsense.

Kesimpulan

  Dari berbagai sumber dan pengalaman saya memasang iklan sticky, saya simpulkan bahwa penggunaan iklan adsense berjenis sticky/ memikat/ melayang adalah legal dan bukan merupakan pelanggaran terhadap kebijakan program adsense dengan syarat tidak menyalahi peraturan yang telah ditetapkan google terkait semua yang mencakup adsense seperti penempatan, label yang diperbolehkan dan sebagainya.

  Jika anda tertarik untuk memasangnya, anda bisa membaca artikel Cara Memasang Iklan Sticky Pada Sidebar Blog.

  Saya tidak bertanggung jawab jika ada yang akun adsensenya terbanned karena memasang iklan sticky setelah membaca artikel ini, karena saya sama sekali tidak menganjurkan, menyarankan, apalagi mengharuskan anda untuk memasangnya. Saya hanya mengulas problematika publisher yang masih terombang-ambing dalam hal ini dan memberikan jawaban yang bersumber yang semoga bisa menjadi solusi untuk anda.


Semoga bermanfaat!.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Boleh Memasang Iklan Sticky Adsense [Ads Sticky] Asalkan..."

Post a Comment

Ceklist Notify Me untuk mendapatkan pemberitahuan saat komentar anda dibalas.
Komentar berisi link tidak akan ditampilkan.