2017/02/02
2017/02/02T2/02/2017

Cara Termudah Membeli Dan Mengganti Domain Blogspot Menjadi .Com Di Blog Blogspot



  Tak bisa dipungkiri, bahwasannya mengganti atau mengcustom domain blog dari Blogspot.com ke domain TLD baik itu .Com .Net .Org atau ekstensi yang lainnya seperti contoh PenaJingga.com adalah cita-cita yang diidamkan bagi sebagian blogger bahkan hampir semua blogger menginginkan hal tersebut. Jika anda termasuk blogger seperti yang saya sebutkan diatas, maka anda datang ditempat yang tepat, karena disini saya akan membahas mengenai Cara mengganti atau mengcustom domain blog dari blogspot.com ke .com.

  Saya sendiri menganggap hal tersebut wajib untuk para blogger yang mengelola blognya dengan serius. Alasanya tentu saja agar blog anda mudah diingat oleh pengunjung, yang berisiko pengunjung tersebut akan mudah mencari blog anda dan akan datang kembali mengunjungi untuk blog anda. Dengan begitu blog anda akan semakin ramai pengunjung dan tentunya akan lebih enak dilihat dan terlihat lebih profesional.

  Seperti judul postingan saya diatas yaitu Cara Termudah Membeli Dan Memasang Domain Blogspot Menjadi .Com Di Blog Blogspot dengan disertai gambar sehingga anda akan lebih mudah untuk mengerti. Maka saya simpulkan artikel ini menjadi dua bagian, yaitu:


  1. Yang pertama tentu saja anda harus membeli domain
  2. Kemudian memasang domain di blog.

  Barangkali ada yang belum tahu apa itu domain, disini saya akan memberikan sedikit pengertian tentang apa itu domain beserta fungsinya.

*Mas bro, domain itu apasih?

Ibarat rumah, domain adalah alamatnya. Bukan dikatakan rumah jika tidak memiliki alamat, bukan begitu?
Menurut wikipedia:
  Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama serverkomputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.
Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

*Lalu apasih fungsi dari doamin itu sendiri?

  Seperti yang saya contohkan diatas, domain berfungsi agar saat seseorang yang ingin berkunjung kerumah anda dan orang tersebut sudah mengetahui alamatnya, maka orang tersebut tidak akan kesasar.

Menurut wikipedia:
  Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.


*Terus, kelebihannya apa mas jika saya mencustom domain blog saya?

  Anda akan mendapatkan 10 (Sepuluh) lebih kelebihan yang hanya anda dapatkan jika anda mencustom domain anda dibanding subdomain bawaan blog yang antara lain:

  1. Lebih enak dilihat
  2. Lebih komersial
  3. Lebih seo
  4. Aman
  5. Terkesan profesional
  6. Kredibel
  7. Mudah diingat
  8. Anda akan lebih serius lagi dalam mengurus blog anda
  9. Bisa dipindahkan ke Wordpress tanpa kehilangan pengunjung setia anda
  10. Dan lain-lain..


  Setelah anda tahu apa itu domain, fungsi dan kelebihannya, sekarang berlanjut ketahap berikutnya yaitu membeli domain. Dan disini saya akan memberikan cara membeli domain disitus lokal indonesia yaitu IDwebhost.com.

#Cara Membeli Domain Di IdWebhost.com Terbaru 2017 Melalui Metode Transfer Bank Lokal

  Cerita dulu nih bro, Pada zaman dahulu, sempat terbesit dalam benak saya sebuah pertanyaan tersirat yang mungkin sama dengan anda saat ini, ya pertanyaan tersebut ialah bagaimana saya membeli domain? dimana tempat beli domain yang terpercaya dan memang sudah terbukti bukan scam? Seperti apa cara memasangnya? Akhirnya setelah saya bergoogling-googling ria kesana kemari untuk mencari tahu tentang kebenaran misteri tempat membeli domain dindonesia yang masih belum terpecahkan dibenak saya saat itu dan saya selalu mengecek terlebih website hosting yang direkomendasikan temen-temen blogger. Dan akhirny setelah melalui beberapa fase pertimbangan yang cukup panjang dan setelah saya pikirkan matang-matang, akhirnya saya mantap untuk membeli domain di IDwebhost.

  Memang banyak yang bilang akhir-akhir ini server IDwebhost sering down, tapi sampai saat ini yang saya rasakan baik-baik saja, tidak ada masalah sama sekali dan saya sangat merekomendasikan untuk anda yang mau membeli domain atau hosting untuk membelinya di IDwebhost. Bukannya saya sedang promosi, tapi berdasarkan pengalaman pribadi saya IDwebhost memang patut dijadikan referensi, selain murah respon untuk para customer juga sangat cepat.

  Panjang banget ceritanya udah kaya dongeng sebelum tidur aja. Yasudahlah daripada anda bosan membaca kicauan-kicauan saya, anda akan segera beralih ke acara favorite anda, jadi jangan kemana-mana, tetap nongkrong disini.


To The Point

  Untuk menghindari kesalahan langkah, sambil melihat tutorial ini, ada baiknya anda barengi dengan praktik langsung.

1. Pertama-tama dan yang paling utama, anda harus menuju website resmi IDwebhostnya yaitu www.idwebhost.com atau klik disini.

2. Setelah itu masukkan nama domain yang anda inginkan, misalkan yang anda inginkan adalah www.belibang.com maka anda tinggal menulis belibang dikolom yang sudah disediakan.
Jika anda menginginkan ekstensi lain misal .net atau .org atau yang lainnya, anda tinggal klik tulisan .com disamping kolom kemudian pilih sesuai keinginan. Jika nama domain tersedia, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah.
Kemudian karena anda akan mengcustom domain blog, maka pilih Beli domain saja.


Tampilannya akan seperti ini:

3. Kemudian anda akan diarahkan kehalaman Selamat! domain anda tersedia!.
Silahkan anda pilih lamanya kontrak untuk domain anda lalu klik Order Sekarang.


4. Setelah klik Order Sekarang, scroll kebawah dan pihak idwebhost akan menawarkan fitur tambahan kepada anda. Silahkan anda ceklist jika memang anda perlukan (tidak juga tak masalah) kemudian klik Lanjutkan.

*Fitur tambahan tersebut berfungsi untuk menyembunyikan detai domain anda supaya terhindar dari spam dan scam seperti contoh anda akan mendapatkan banyak email spam yang masuk ke email anda setelah domain terbeli. Saya sendiri saat itu tidak menceklistnya.


5. Pada halaman ringkasan pesanan, silahkan anda isikan kode promonya (jika punya) atau kalau tidak punya, lanjutkan dengan mengeklik Selesaikan pemesanan

6. Masukkan detail informasi data diri anda pada from yang disediakan dan harus sesuai dengan kartu identitas anda misalnya KTP. 

Keterangan:
  • Nama depan: Isi dengan nama depan anda, contoh Rizki
  • Nama belakang: Isikan dengan nama belakang anda, contoh Zidan
  • Nama perusahaan: Biarkan saja kosong jika memang anda tidak memiliki perusahaan atau bisa juga diisi dengan nama blog anda.
  • Alamat email: Isi dengan alamat email anda yang aktif karena akan digunaka untuk memverifikasi pembelian anda.
  • Sandi: Isi password yang mudah diinngat anda
  • Konfirmasi sandi: Isi persis seperti password diatas
  • Alamat1: Bisa diisi dengan alamat desa atau kelurahan anda
  • Alamat2: Kecamatan anda
  • Kota: Kota anda
  • Propinsi: Provinsi anda
  • Kode pos: Jika tidak tahu kode postnya, anda bisa mencarinya di situs www.nomor.net atau www.carikodepos.com kemudian cari sesuai alamat anda.
  • Negara: Tentu saja Indonesia
  • Nomor telfon: Isi dengan nomor telpon anda yang bisa dihubungi
  • Metode pembayaran: Pilih bank transfer
7. Setelah semua from sudah terisi secara benar, (bisa anda teliti kembali barangkali ada yang salah) selanjutnya anda beri centang disebelah tulisan Saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada ketentuan layanan kemudian klik Selesaikan Pemesanan.

Kemudian anda akan dibawa ke halaman yang menunjukan nomor faktur/pemesanan, detail, serta biaya yang harus anda bayar.

8. Langkah selanjutnya yaitu mngecek email yang sebelumnya anda gunakan untuk mendaftar di IDwebhost dan disana anda akan diberi petunjuk untuk mengirimkan pembayarannya. Pemberitahuan juga akan diberikan ke nomor anda.

9. Setelah anda melakukan pembayaran/transfer ke nomor rekening yang sudah ditentukan di dalam pemberitahuan diatas, anda harus mengkonfirmasi pembayaran anda melalui:

  • Email: billing@idwebhost.com
  • Sms: +6285729999951
  • Dan pada halaman konfirmasi yang bisa anda kunjungi dengan link berikut:  http://idwebhost.com/konfirmasi

Untuk melakukan konfirmasinya, berikut saya berikan screenshot contoh from konfirmasi melalui halaman konfirmasi.
Silahkan isi sesuai data yang tadi anda gunakan untuk memesan.


10. Masukkan nomor validasi, kemudian klik Kirim. Jika sudah, tunggu beberapa saat dan anda akan menerima email konfirmasinya.

   Pada email tersebut anda diberitahukan untuk menunggu untuk bebeapa jam hingga akhirnya akun anda telah siap untuk digunakan dan saatnya untuk memasangnya di blog.

 Setelah selesai membeli domain, sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara memasangnya di blog?
Dan dibawah ini sudah saya berikan tutorialnya yang insya Alloh mudah dimengerti bagi pemula sekalipun.

#Memasang Domain Ke Blog

  Cara memasangnya pun tidak terlalu sulit, langkah-langkah tersebut saya sesuaikan persis dari website resmi IDwebhost. Jadi anda tidak perlu khawatir dan berpikir tutorial ini melenceng dari aturan atau kebijakan dari pihak manapun.

  Yang harus anda lakukan setelah selesai mengikuti langkah-langkah diatas adalah mengikuti step-step berikut dengan benar:

1. Masuk ke dasboard blog anda. www.blogger.com
2. Kemudian masuk ke menu settting/setelan >> Basic/Dasar kemudian klik +Setup a 3rd party URL for your blog/Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda.






3. Masukan domain dan jangan lupa untuk menuliskan www. didepannya seperti contoh www.domainanda.com





4. Kemudian anda akan mendapatkan pesan kesalahan, dan itu bukan masalah dan memang seperti itu prosesnya.
  Yang perlu anda lakukan adalah mencopy 2 (dua) cname yang ada di pesan kesalahan tersebut dan bisa anda paste di notepad atau catatan lain.
Contoh Cnamenya:

  1.  www ghs.google.com 
  2.  2orl7p6hxjpg gv-4gxsy73yvfjqb5.dv.googlehosted.com
Cname dari setiap blog itu berbeda-beda, jadi anda tidak boleh mencopy contoh cname diatas dalam arti anda harus mencopy cname blog anda sendiri.





5. Kemudian masuk ke member are IDwebhost, bisa kesini member.idwebhost.com , Login dengan akun IDwebhost anda.

6. Setelah itu, silahkan anda klik Domain atau bisa langsung klik Active domains.


7. Disitu akan terlihat nama domain yang sudah anda pesan. Klik kelola domain.



8. Pilih Nameserver, kemudian ubah nameserver ke nameserver ini:
  1.    ns1.idwebhost.id
  2.    ns1.idwebhost.id

Silahkan anda copy dan pastekan di kolom yang tertera seperti gambar dibawah ini dan dilanjut dengan mengeklik Ubah Nameservers
Ingat!! harus seperti itu! jika tidak, maka tidak akan berfungsi.



9. Setelah itu Klik Alat Pengelolaan lalu klik lagi Kelola dns




10. Pada halaman Kelola DNS, silahkan anda isikan 4 IP Blogspot berikut satu persatu:

  1. 216.239.32.21
  2. 216.239.34.21
  3. 216.239.36.21
  4. 216.239.38.21

Cara mengisinya, anda bisa perhatikan gambar dibawah ini



Note: Untuk host @ jika disimpan bisa menjadi nama domain anda sendiri


  Setelah IP satu tersimpan, akan muncul kolom baru yang harus diisi dengan IP selanjutnya.
Caranya, Ulangi masukkan IP ke-2 sampai IP ke-4 seperti langkah pada gambar diatas.


11. Langkah terakhir yaitu memasukkan Cname blog anda yang anda dapatkan saat melakukan cara ke 4. Jika anda bingung, beginilah tampilan cnamenya.



  Cara memasukkannya sama dengan cara memasukkan IP Blogspot, hanya saja  jenis records dari yang tadinya A (Address) diubah menjadi CNAME (Alias). 

  Dan berikut adalah screenshot apabila IP dan CNAME sudah tersetting semua.





  Jika semua langkah sudah anda lakukan, Silahkan tunggu proses propagasi perubahan DNSnya selama kurang lebih sampai 8 jam. 
Kemudian ulangi cara ke 1 sampai 4 hingga tidak muncul pesan kesalahan pada saat menyimpan domain anda di Blogspot.

Share to Your Friends!!

Damn!! Akhirnya domain blogspot anda yang awalnya bersubdomain blogspot.com kini sudah menjadi .com!


Penutup

  Akhirnya, tutorial cara termudah membeli dan mengganti atau memasang domain menjadi .com di blog yang berplatform blogspot sudah selesai dibahas pada artikel ini dari mulai membeli domain hingga cara pemasangannya sudah saya jelaskan secara rinci.

  Dan berakhirnya tutorial tersebut akan sekaligus mengakhiri perjumpaan saya dengan anda. Jika anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat dan anda ingin untuk mendapatkan pemberitahuan tentang update artikel menarik lainnya dari PenaJingga.com, mohon sudinya untuk mensubscribe blog ini dengan cara mengisi nama dan email anda pada kolom subscribe yang tersedia di sebelah kanan atas blog ini.

  Sekian semoga bermanfaat.



#Cara membeli domaindi idwebhost .com terbaru 2017 #Cara memasang domain .com di blog blogspot